Entri Kece

Senin, 01 April 2013

II


1.      Tempat yang dilarang untuk mengemukan pendapat di muka umum :
-          Lingkungan istana negara (radius 100m), tempat ibadah, instalasi militer, rumah sakit, pelabuhan udara/laut, stasiun kereta api, terminal angkutan darat, objek-objek vital.

2.      Fungsi media penyiaran :
-          Sebagai media informasi
-          Sebagai media pendidikan
-          Sebagai media hiburan
-          Sebagai media kontrol dan perekat sosial
-          Fungsi ekonomi
-          Fungsi kebudayaan

3.      Pengertian idiologi menurut para ahli  ;
-          W.White. Ideologi adalah soal cita-cita politik atau doktrin dari suatu lapisan masyarakat atau kelompok manusia yang dibeda-bedakan.
-          Harold.A.Titus. Ideologi adalah suatu istilah yang digunakan untu sekelompok cita-cita mengenai berbagai macam masalah politik, ekonomi, serta menjadi filsapat sosial yang diterapkan dalam rencana sistematis mengenai cita-cita yang dijalankan oleh suatu kelompok atau lapisan masyarakat.
-          M.Sastraprateja. Ideologi adalah perangakat gagasan atau pemikiran yang berorientasi pada tindakan yang terorganisir menjadi suatu sistem teratur.
-          Padmo Wahyono. Ideologi adalah kesatuan yang bulat dan utuh dari ide-ide dasar ideologi merupakan suatu kelanjutan atau konsekuensi daripada pandangan hidup bangsa, falsapah hidup bangsa, dan akan berupa seperangkat tata nilai yang diutamakan akan terealisasi dalam kehidupan kelompok.
-          Mubyanto. Ideologi adalah sejumlah doktrin, kepercayaan dan simbol-simbol sekelompok masyarakat atau suatu bangsa yang menjadi suatu pegangan dan pedoman karya atau perjuangan untuk mencapai tujuan masyarakat dan bangsa.
-          Frans Magnis Suseno. Ideologi adalah segala kelompok cita-cita, nilai-nilai dasar, dan keyakinan yang dijunjung tinggi sebagai pedoman normatif.

4.      Tiga macam dimensi ideologi Pancasila :
-          Dimensi realita adalah nilai-nilai dasar yang terkandung dalam ideologi bersumber dari nilai-nilai yang riil hidup dalam masyarakat.
-          Dimensi idealisme adalah mengandung cita-cita yang ingin dicapai dalam berbagai bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegarasehingga masyarakat atau negara mengetahui kearah mana mereka ingin membangun kehidupan bersama mereka.
-          Dimensi fleksibilitas adalah ideologi memiliki keluwesan yang terbuka terhadap pemikiran-pemikiran baru dan merangsang untuk mngembangkan nilai-nilai dasar yang terkandung dalam ideologi.

5.      Tiga panitia kecil yang dibentuk dalam sidang BPUPKI II :
-          Panitia perancang UUD (Panitia Sembilan)
-          Panitia pembela tanah air
-          Panitia keuangan dan perekonomian

6.      Istilah lain dari UUD yaitu Hukum dasar atau Konstitusi.

7.      Penyimpangan masa UUDS 1950 – 1959 yaitu perubahan sistem pemerintahan presidensil menjadi sistem pemerintahan parlementer. Presiden punya hak membubarkan Parlemen atau DPR , para menteri bertanggungjawab kepada presiden, Parlemen dapat memberhentikan para menteri.



8.      Tata urutan perundangan RI menurut UU No. 10 tahun 2004 :
1.      UUD 1945
2.      UU/Peraturan Pemerintah Pengganti UU
3.      Peraturan Pemerintah
4.      Peraturan Presiden
5.      Peraturan daerah
Tata urutan perundangan RI menurut UU No.12 tahun 2012 :
1.      UUD NRI Tahun 1945
2.      Ketetapan MPR
3.      UU/Paperpu
4.      Peraturan Pemerintah/PP
5.      Peraturan Presiden
6.      Perda Provinsi
7.       Perda Kota dan Kabupaten

9.      Lembaga negara yang dapat mengajukan RUU kepada DPR (legeslatif) yaitu Presiden(eksekutif).

10.  Pengertian demokrasi menurut para ahli :
-          Aristoteles. Demokrasi berhubungan dengan kedaulatan negara, kedaulatan dipegang oleh satu orang utnuk kepentingan orang banyak yang disebut monarki.
-          Abraham Lincoln. Demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.
-          Sidney Hook.demokrasi adalah bentuk pemerintaan dengan keputusan-keputusan pemerintah yang penting secara langsung/tidak langsung didasarkan pada kesepakatan mayoritas yang diberikan bebas orang dewasa.
-          Mohammad Hatta. Demokrasi adalah sebagai pergeseran dan penggantian kedaulatan raja menjadi kedaulatan rakyat.
-          Henry B. Mayo. Demokrasi adalah sebagai suatu sistem politik merupakan suatu sistem menunjukkan bahwa kebijakan umum ditentukan atas dasar mayoritas wakil-wakil yang diawasi secara efekif oleh rakyat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar